Sunday, June 23, 2013

Karakteristik Budaya Mutu


Apakah Karakteristik Budaya Mutu itu?

Karakteristik organisasi yang memiliki budaya mutu menurut Goetsch D.L dan Davis D.L (2002:110) yaitu sebagai berikut.

Perilaku sesuai dengan slogan

Masukkan dari pelanggan secara aktif diminta dan digunakan untuk meningkatkan kualitas secara berkesinambungan
  1. Para karyawan terlibat dan diberdayakan
  2. Pekerjaan masuk dalam sebuah tim
  3. Manajer tingkat eksekutif diikutsertakan dan dilibatkan; tanggung jawab kualitas tidak didelegasikan
  4. Sumber daya yang memadai disediakan di mana pun dan kapan pun dibutuhkan untuk menjamin perbaikan mutu secara berkesinambungan
  5. Pendidikan dan pelatihan diadakan agar para karyawan pada semua tingkat memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk meningkatkan mutu secara berkesinambungan
  6. Sistem penghargaan dan promosi didasarkan pada kontribusi terhadap perbaikan mutu secara berkesinambungan
  7. Rekan kerja dipandang sebagai pelanggan internal
  8. Pemasok atau suplier diperlakukan sebagai mitra kerja.

Menurut Nasution (2005:255) karakteristik organisasi yang memiliki budaya mutu yaitu sebagai berikut.
  1. Komunikasi yang terbuka dan kontinyu
  2. Kemitraan internal yang saling mendukung
  3. Pendekatan kerjasama tim dalam suatu proses dan dalam mengatasi masalah
  4. Obsesi terhadap perbaikan terus menerus
  5. Pelibatan dan pemberdayaan karyawan secara luas
  6. Menginginkan masukan dan umpan balik/feed back dari pelanggan
 

No comments:

Post a Comment